detak detik perubahan

TAK IKUT UJIAN, BISA LULUS SELEKSI CPNS SERGAI

In Uncategorized on December 18, 2009 at 4:09 pm

Aparat kepolisian diminta membongkar adanya dugaan kecurangan dalam penerimaan CPNS (calon pegawai negeri sipil) tahun 2009 di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut). Pasalnya, ada seorang peserta yang tidak ikut ujian namun dinyatakan lulus.

“Kami mendesak aparat kepolisian untuk mengusut adanya dugaan tindak pidana dalam penerimaan CPNS di Kabupaten Sergai,” tutur anggota DPRD Sumut dari Daerah Pemilihan Sergai, Alamsyah Hamdani, Kamis (10/12). Didampingi Sekretaris Komisi A DPRD Sumut, Nurul Azhar, Alamsyah menyatakan persoalan itu akan dipertanyakannya kepada Bupati Sergai, HT Nuradi.

Peserta yang lulus atas nama nama Susiawati br Saragih, dengan nomor ujian 257310001. Nomor peserta ujian tersebut saat pelaksanaan testing tidak hadir.

Selain Susiawati br Saragih, peserta lainnya yang tidak mengikuti ujian adalah peserta nomor 257310002 dan 257310004. Sementara peserta dengan nomor ujian 257310004 hadir dalam ruangan untuk mengikuti ujian dan duduk di bangku pertama. Sejumlah orang berani menjadi saksi tentang ketidakhadiran Susiawati.

Menurut Alamsyah Hamdani, jika benar kondisinya seperti itu, maka apa yang terjadi adalah suatu tindakan pidana. Dia berharap aparat terkait segera mengusut tuntas adanya dugaan kecurangan ini. “Janganlah kita bermain-main dalam penerimaan CPNS. Apakah yang bersangkutan bisa diterima karena memang ada apa-apanya? Kami akan minta penjelasan nanti saat melakukan reses ke Sergai,” tutur Alamsyah.

Dia juga mendesak aparat kepolisian bertindak proaktif jika ada laporan masyarakat dan segera mengusutnya. Selain itu, kata Hamdani, terkait seleksi penerimaan CPNS, Komisi A DPRD Sumut akan memanggil Badan Kepegawaian Daerah pada tanggal 15 Desember mendatang untuk mempertanyakan persoalan tersebut.

Tindak kecurangan dalam penerimaan CPNS sebelumnya dicurigai beberapa pihak dalam penerimaan CPNS 2009 ini. Alasannya, dalam setiap penerimaan selalu terungkap adanya kecurangan tersebut. Tahun lalu misalnya, sejumlah nama PNS di Pemko Pematangsiantar yang dinyatakan lulus dan telah menerima NIP justru adalah orang yang diketahui tidak dinyatakan masuk ranking sebagaimnaya diumumkan. nin/rif  (Source : By Republika Newsroom
Kamis, 10 Desember 2009 pukul 15:20:00
).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: