detak detik perubahan

Balon Bupati Sergai Dr.H.Idham, SH., MKn: JANGAN HANTARKAN PEMIMPIN DENGAN JUAL BELI SUARA

In PEMILUKADA on December 19, 2009 at 8:45 am

Balon Bupati Serdang Bedagai periode 2010-2015 Dr.H.Idham, SH., MKn dengan tegas menyerukan kepada masyarakat Sergai agar jangan menghantarkan pemimpin Sergai ke depan dengan pendekatan jual beli suara. ” Jika itu terjadi maka rakyatlah sesungguhnya yang mengantarkan dan memberi mandat kepada bupati untuk menjadi koruptor yang tak ubahnya drakula penghisap darah rakyat”.

Seruan itu disampaikannya saat pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat di tempat kelahirannya Dusun VII Brohol Desa Sungai Bamban Sabtu malam (18/12) bersamaan dengan peringatan Tahun Baru Islaml 1 Muhammaram 1431.

Dikatakannya, berdasarkan pengalaman demokrasi langsung di Indonesia sejak tahun 2005 kecenderungan penyimpangan proses suksesi telah mengantarkan mayoritas Kepala Daerah ke puncak kekuasaan secara tidak elegan dan tidak bermartabat sama sekali.

Ia memastikan, salah satu penyebab utamanya ialah tingginya pengaruh politik traksaksional rendahan dan kecurangan-kecurangan lain yang memalukan. Rakyat seolah dibiarkan menderita karena kesulitan ekonomi. Kondisi ini menjadi sangat empuk bagi para penjahat demokrasi untuk memperoleh dukungan politik dengan membagi-bagi sedikit saja uang miliknya.

Menurut Idham, kesadaran masyarakat harus dibangkitkan agar mampu menolak segala bentuk penyimpangan demokrasi. Sayangnya partai politik yang nyata-nyata sudah gagal untuk itu masih belum menunjukkan tanda-tanda perubahan menggembirakan. Harapan satu-satunya tinggal kalangan sivil society yang bernaung di bawah berbagai organisasi kemasyarakatan, LSM dan para tokoh independen berbasis keagamaan, sosial maupun budaya. Kolaborasi semua unsur itu harus dibarengi dengan kekuatan kritis pilar demokrasi ke empat, yakni pers. Tanpa pers yang kritis, di negara berdemokrasi buruk seorang Fir’aun pun bisa dipoles menjadi panutan yang disanjung di seluruh penjuru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: