detak detik perubahan

NU-Muhammadiyah Buat Pernyataan Bersama

In JARINGAN on December 19, 2009 at 5:49 pm

JAKARTA–Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pengurus Pusat Muhammadiyah, mengeluarkan pernyataan bersama yang salah satu isinya mengajak pemerintah dan seluruh elemen bangsa lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan politik sesaat. Pernyataan bersama yang ditandatangani Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi dan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin di Jakarta hari Sabtu itu merupakan sambutan Tahun Baru Islam 1431 Hijriah.

Dalam pernyataan bersama yang dibacakan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Rosyad Soleh itu, NU dan Muhammadiyah menyatakan, adanya banyak permasalahan bangsa, terutama terkait dengan supremasi hukum, yang sulit terpecahkan dikarenakan tendensi kepentingan pribadi. “Kenyataan ini mengakibatkan berbagai problema bangsa seakan tidak dapat diselesaikan secara mudah,” kata Rozak dalam pertemuan antara jajaran PBNU dan PP Muhammadiyah yang dihadiri Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi dan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsudin bersama sejumlah pengurus teras masing-masing ormas tersebut.

Kedua ormas itu berkeyakinan jika tendensi tersebut relatif kecil, tidak mungkin probema kebangsaan ini tidak dapat diselesaikan. Oleh karena itu, dalam 100 hari pertama, pemerintah harus membangun kemauan politik untuk membangun pemerintahan yang baik dan bersih, serta memberikan keteladanan bagi rakyat.

“Seluruh potensi, energi, dan komitmen harus diarahkan untuk sebesar-besarnya ikhtiar membangun Indonesia menjadi negara yang maju, adil, makmur, bermartabat, dan berdaulat sebagaimana cita-cita kemerdekaan,” kata Rozak. Pada kesempatan itu NU dan Muhammadiyah juga sepakat untuk kembali aktif mendorong terwujudnya gerakan nasional antikorupsi seperti yang pernah mereka lakukan yang direspons pemerintah dan DPR dengan membentuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). ant/irf (source:  Republika Newsroom; Sabtu, 19 Desember 2009 pukul 19:47:00).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: