detak detik perubahan

CALON PERSEORANGAN

In Uncategorized on December 20, 2009 at 11:33 pm

Menguatnya faktor primordialitas tidak perlu dipertanyakan lagi, karena modalitas primordialitas sering menjadi faktor kuat memupuk peluang. Primordialitas itu akan amat efektif untuk daerah-daerah tertentu, tetapi tidak untuk daerah lain.  Suka atau tidak suka masalah agama dan kesuku-bangsaan akan tetap berbicara. Bagaimana dengan calon perseorangan?

Meski hanya ada satu catatan keberhasilan calon perseorangan dalam pemilukada di Sumatera Utara, namun jejak Bupati terpilih di Kabupaten Pemekaran Batubara OK Arya Zulkarnaen  akan diusahakan dijadikan rujukan bagi banyak orang.

Tetapi kelak akan banyak kasus temuan yang menunjukkan bahwa orang hanya berusaha mengejar target perolehan daftar dukungan dengan sejumlah fotocopy KTP pendukung fiktif (karena hal ini masih akan menjadi permainan negosiatif berbau pelanggaran hukum bersama jajaran KPUD), namun tak berfikir matang soal elektibilitas.

Akibatnya pemilukada amat berpotensi untuk terjadi dalam 2 putaran karena semua pasangan calon berbagi suara secara relatif berimbang, tetapi tidak satu pun berhasil mencapai syarat kemenangan menurut ketentuan UU. Perihal calon perseorangan ini, khususnya pada pemilukada di 7 Kabupaten di Sumatera Utara (Deliserdang, Langkat, Dairi, Tapanuli Utara, Paluta, Palas dan Batubara), hasil survei ‘nBASIS menunjukkan justru dukungan politik terkuat terdapat di Deliserdang.

Namun sebagaimana diketahui, pemenangnya bukan dari perseorangan. Akan halnya OK Arya Zulkarnaen yang menang dengan jalur perseorangan harus dicatat sebagai sebuah keistimewaan yang bukan terkait dengan keperseorangan pencalonannya itu.

Ok Arya Zulkarnaen adalah figur terkuat dalam sejarah perjuangan pemekaran Batubara yang sudah berlangsung lama dan faktanya dalam pemilukada ia berhadapan dengan sejumlah pasangan calon yang di antaranya figur terkuat adalah orang yang secara luas diketahui memiliki sejarah penolakan terhadap perjuangan pemekaran.

Investasi material dan inmaterial OK Arya Zulkarnaen diperkira-kan malah lebih besar untuk perjuangan pemekaran ketimbang untuk pemilukada yang dimenangkannya itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: