detak detik perubahan

CIVIL SOCIETY DAN PEMILUKADA

In ARTIKEL, JARINGAN, PEMILUKADA on December 20, 2009 at 10:22 pm

Rentetan Pemilukada 2010 di Sumatera Utara diprediksi akan terjadi dengan pola umum dan kecenderungan ke arah kristalisasi atau pengukuhan suatu bangunan tradisi politik yang dapat disebut merupakan kontinuitas dari tabungan permasalahan perhelatan politik yang terjadi sebelumnya. Seburuk apa pun penilaian rakyat terhadap semua perhelatan politik sejak tahun 2005 itu secara luas telah diketahui oleh semua lapisan.

Bentuk-bentuk kriminalisasi demokrasi yang paling transparan sekalipun ternyata secara by design tidak dapat disentuh hukum. Maka pemilukada 2010 akan sangat sulit berkorelasi  dengan pembangunan masyarakat secara substantif. Secara pesimistik pula Good Governance dan Clean Government tidak dapat diharapkan dari proses ini, terutama karena  prediksi figur terbaik akan sangat sulit keluar sebagai pemenang. Mengapa? Slah satu penyebab terpentingnya ialah lemahnya Civil Society dan Buruknya Produk Politik Pasca Orde Baru

Kondisi buruk yang dikhawatirkan di atas akan semakin diperburuk lagi oleh dua fakta susulan. Belum berkembangnya civil society secara baik yang terbukti dengan sempitnya ruang publik untuk pengawasan dan partisipasi politik dalam kelangsungan pemerintahan masih dianggap sebagai sesuatu hal yang aneh. Banyak memang satuan-satuan komunitas yang mengklaim diri sebagai kelompok keswadayaan yang menyerupai kelompok civil society, namun pada praktiknya hampir seluruhnya belum memahami filosofi dan karakteristik kinerja civil society.

Di antaranya bahkan ada yang benar-benar ”menyaru” sebagai kelompok civil society. Kedua,  belum akan berubahnya budaya politik di lembaga legislatif yang masih akan melanjutkan  kebiasaan lama yang kurang peduli aspirasi rakyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: