detak detik perubahan

KONFLIK PEMILUKADA

In Uncategorized on December 20, 2009 at 11:17 pm

Harus digaris-bawahi bahwa konflik internal partai pada tahun 2010 akan memuncak. Untuk kepentingan pencalonan dalam Pemilukada pihak-pihak yang dianggap sebagai  “pengganggu” terkadang harus dieliminasi secara tajam, bahkan mungkin akan dipecat. Ini sudah lazim dan tidak ada orang yang akan heran dengan kejadian-kejadian serupa ini. Hanya PKS yang memiliki tradisi “kekhalifahan” yang memungkinkan sistem pengeliminasian potensi konflik secara baik.

Catatan signifikan lainnya ialah fenomena amat menarik di daerah pemekaran baru yang akan mencatat pemilukada untuk pertamakalinya. Di daerah itu akan terjadi semangat dan partisipasi politik yang luar biasa dari sejumlah figur yang cukup banyak untuk ikut dalam persaingan. Ini kurang lebih akan mengulangi fenomena di Palas dan Paluta beberapa bulan lalu yang menurut para pengamat disebut sebagai fenomena politik paluhut-luhut halak hita (mengumpul putera daerah).

Para putera daerah itu tidak selamanya rasional dan sering tidak memiliki pengalaman politik, bahkan termasuk untuk urusan yang amat bersifat elemneter seperti untuk mengukur popularitas dan elektibilitas dirinya. Jika mereka mau sedikit rasional, tentu akan berusaha lebih taktis dan strategis, misalnya menggunakan jasa survei yang bukan dari kalangan sendiri yang kebanyakan selain tidak profesional juga bermotif “asal kandidat senang”. Padahal diketahui bahwa dalam semua tim pemenangan hal yang pertama harus “dibunuh” ialah potensi munculnya mentalitas hipokrit dan  barisan “panglima talam”.

Dari kalangan hipokrit dan “panglima talam” inilah para figur mendapatkan informasi yang menyesatkan, dan sedihnya dijadikan referensi bertindak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: