detak detik perubahan

MEDAN dan SUMATERA UTARA DALAM PEMILUKADA 2010

In Uncategorized on December 20, 2009 at 10:55 pm

Dalam simultanitas pemilukada di 24 Daerah di Sumatera Utara pemilukada Kota Medan akan memiliki kemenonjolan tersendiri. Ini terkait dengan status Medan sebagai show window dan sekaligus barometer untuk Sumatera Utara.

Lagi pula di kota ini tidak ada incumbent, bahkan Walikota dan Wakilnya sedang menjalani hukum di lembaga pemasyarakatan. Akan  terjadi pusaran politik terpenting dan paling dahsyat, karena selain aset dan potensi kekayaan material  (APBD maupun non APBD) yang dapat dikorupsi dari kota besar ini, juga  tentu akan dimaksudkan sebagai jembatan pinasti meniti karir politik untuk jabatan Gubernur Sumatera Utara menggantikan Syamsul Arifin.

Mengganti Syamsul Arifin boleh dibayangkan pasca 20014-2019, dan paling seru pula jika terjadi pada masa kepemimpinan 2010-2015. Harus dicatat bahwa ini sama sekali tidak harus terkait dengan evaluasi terhadap keberhasilan atau ketidak-berhasilan Syamsul Arifin memimpin Sumatera Utara.

Tidak ada yang aneh dalam hal ini, dan jika Syamsul Arifin sudah menjatuhkan pilihan terhadap Rahudman Harahap sebagai pengganti Afifuddin Lubis, hal itu secara politik amat terbuka untuk diterjemahkan dalam kaitan “pengamanan” pemilukada Kota Medan 2010 tersebut. Dari aspek kelas figur-figur yang akan bersaing di Kota Medan  kelak akan terlihat sendiri bahwa Kota Medan itu memang melebihi  entitas politik daerah yang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: