detak detik perubahan

PEMILUKADA CUMA PENTAS PEREBUTAN KEKUASAAN BELAKA

In ARTIKEL, JARINGAN, PARPOL, PEMILUKADA on December 20, 2009 at 11:39 pm

Karena kaitan historis dengan rentetan pengalaman buruk pemilukada sejak tahun 2005 sampai pemilukada Gubernur tahun 2008, serta ditambah lagi dengan pengalaman tak bermartabat dalam penyelenggaraan pemilu legislatif dan pemilu presiden 2009, maka pemilukada untuk seluruh daerah di Sumatera Utara tahun 2010 akan menjadi peristiwa politik transaksional yang tidak melukiskan demokrasi yang luhur.

Tidak ada alasan untuk memprediksi pemilukada 2010 lebih baik, bukan cuma karena rentetan pengalaman referensional terburuk sebelumnya, tetapi juga karena masalah integritas KPUD dan jajarannya, pemihakan mereka bersama birokrasi dan lemahnya pengawasan masyarakat serta Panwaslu, termasuk partai politik.

Pengalaman buruk tahun 2005 masih segar dalam ingatan, kemenangan tidak selamanya karena faktor elektoral yang jujur dan bermartabat.

MENGKAJI ULANG PEMILUKADA

Golput by design (golput yang disebabkan kemauan politik KPUD dan jaringan politiknya) akan tetap menonjol karena pembuatan DPT dan prosesnya masih merupakan ajang korupsi yang amat mudah lepas dari jerat hukum.

Maka jika kasus DPT Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2009 berhasil dituntaskan secara politik dan secara hukum, pengaruhnya akan sangat besar terhadap perbaikan proses politik ke depan. Sehubungan dengan itu diperkirakan secara nasional akan muncul kembali polemik pemilukada, apakah dilanjutkan atau dirubah. Dengan alasan penghematan anggaran semangat politik nasional bisa didesign untuk kembali ke pola lama, atau bahkan ke cara baru yang belum pernah dikenal. Cara baru itu bisa dengan perubahan UU yang memberi kewenangan bagi Presiden untuk mengangkat dan memberhentikan Kepala Daerah.

Tetapi satu hal yang pasti semakin mengerasnya suara yang mengusulkan pembubaran KPU tampaknya amat beralasan. Itu tentu agar perhelatan benar-benar menjadi “lebih berguna” bagi rakyat banyak. Marilah kita lihat ke depan dengan tanpa pretense politik apa pun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: